Bupati Sachrul Tutup Bimtek Peningkatan Kapasitas BPD

  • Dec 18, 2022
  • Admin Desa Nuangan

Bupati Sachrul Tutup Bimtek Peningkatan Kapasitas BPD

Bupati Sachrul Tutup Bimtek Peningkatan Kapasitas BPD
 
 07 Des 2022 ,  Diskominfo Boltim, Pemerintahan

 

BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto, S.Sos,.M.Si, menutup pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se kabupaten Boltim, di Hotel Sutan Raja Kotamobagu, Rabu (07/12/2022).

Pada kegiatan yang berlangsung sejak 5 Desember 2022 itu, Bupati turut menjadi Narasumber.

Lewat penyampaiannya, Bupati mengatakan bahwa BPD adalah lembaga yang mengawasi program Pemerintah Desa. Sehingga, peningkatan kapasitas terhadap BPD sangat penting.

“Selain untuk menambah wawasan tentang pengawasan kinerja aparat desa, hal ini juga dapat meningkatkan kemampuan para anggota BPD dalam mengawal program-program dalam desa,” kata Bupati.

Bupati juga menekankan bahwa dalam proses pembangunan yang ada di Desa, anggota BPD harus bersikap kritis serta selalu mengawasi setiap program pembangunan di desa.

“Saya ingin kalian (BPD), menjadi orang – orang yang kritis. Tetapi mengkritisi demi membangun desa, bukan karena ada masalah pribadi dengan kepala desa,” tegasnya.

Mantan Ketua DPRD Boltim ini juga mengungkapkan, Ia membuka ruang bagi anggota BPD yang ber ijazah SMA sederajat untuk ikut program beasiswa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

“Kami memberikan kesempatan kepada anggota BPD yang berijazah SMA untuk menjadi sarjana dengan ikut program beasiswa dari pemerintah, hal ini dilakukan karena BPD selaku pengawas kepala desa tentu ijazahnya harus setingkat lebih diatas dari para kepala desa,” pungkasnya.

Kegiatan ini turut dihadiri Sekertaris Daerah (Sekda) Ir. Sonny Warokka, Ph.D, Anggota DPRD Boltim, para Asisten, Kepala Dinas PMD Boltim, serta seluruh ketua dan anggota BPD se-Kabupaten Boltim.